Cara Meringankan Rasa Sakit Pada Kaki

Cara Meringankan Rasa Sakit Pada Kaki

  • Kaki terdiri dari 26 tulang, ratusan otot, dan banyak sekali jaringan ikat (ligamen) serta urat daging (tendon). Rasa nyeri yang terasa pada kaki menandakan adanya masalah yang dapat disebabkan oleh faktor internal dan/atau faktor eksternal. Karena kaki merupakan tumpuan berat tubuh serta penentu kecekatan Anda dalam bekerja, mengobati rasa nyeri pada kaki menjadi suatu hal yang sangat penting untuk segera dilakukan. 
  • Ketika rasa nyeri mulai terasa pada kaki, biasanya gerak jalan Anda secara tidak sadar mengalami perubahan yang kemudian dapat menimbulkan permasalahan yang justru lebih parah, seperti bunion, plantar fasciitis serta hammer toe (deformitas sendi dekat ibu jari). Jika hal tersebut sudah terjadi, sebaiknya Anda segera mengonsultasikannya pada dokter. Permasalahan ini masih dapat dicegah dengan melakukan perawatan untuk mengatasi rasa nyeri pada kaki, dan dapat pula dicegah dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan yang dapat berdampak buruk pada kaki.

Gejala dan Penyebab Rasa Nyeri pada Kaki

  • Kenali gejalanya. Penyakit pada kaki biasanya menunjukkan gejala-gejala yang cukup jelas. Sebaiknya Anda segera memulai perawatan apabila muncul gejala-gejala berikut:
  1. Terasa nyeri pada jari-jari kaki, tumit, atau pada tumpuan kaki bagian depan (‘ball of foot’).
  2. Terdapat benjolan pada kaki
  3. Kesulitan untuk berjalan normal atau adanya rasa tidak nyaman ketika berjalan
  4. Kaki terasa nyeri ketika disentuh pada bagian-bagian tertenu

Kenali penyebab-penyebab penyakit pada tumit. Banyak sekali faktor-faktor yang dapat memicu munculnya rasa nyeri pada tumit Anda. Berikut adalah beberapa penyebab yang paling sering ditemukan:

  1. Plantas fasciitis’ adalah penyebab munculnya rasa nyeri pada tumit yang paling lazim ditemukan. Penyakit ini disebabkan oleh adanya gangguan pada plantas fascia, yaitu jaringan ikat yang menghubungkan tulang tumit dengan jari-jari kaki.
  2. Plantas fasciitis dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tumit atau lengkungan pada bagian bawah kaki.. Mengatasi plantar fasciitis dapat dilakukan dengan beristirahat yang cukup, penggunaan penghilang rasa nyeri, atau melakukan peregangan pada tumit atau jari kaki. Taji tumit (heel spurs) adalah pertumbuhan tulang berlebih pada bagian bawah tumit yang dapat menimbulkan rasa nyeri. Kelainan ini biasanya disebabkan oleh postur tulang yang buruk, penggunaan sepatu yang tidak tepat, atau berbagai aktivitas seperti berlari.Pengobatan untuk taji tumit dapat dilakukan dengan penggunaan sepatu yang nyaman dan yang dapat membantu pengurangi rasa nyeri pada kaki.
  3. Kenali penyebab-penyebab rasa nyeri pada bagian kaki lainnya. Banyak sekali penyebab yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian kaki lainnya. 
  4. Metatarsalgia adalah rasa nyeri yang muncul akibat adanya peradangan pada tumpuan kaki bagian depan (ball of foot). Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan melakukan aktivitas berat atau penggunaan sepatu yang tidak tepat.

  • Pengobatan dapat dilakukan dengan mengompres ball of foot dengan es atau dengan mengistirahatkan kaki Anda. Pengobatan juga dapat dibantu dengan penggunaan sepatu yang lebih nyaman serta pengaplikasian krim atau obat penghilang rasa nyeri.
  • Bunion adalah bejolan tulang pada bagian ujung kaki, biasanya muncul di bagian bawah ibu jari kaki.
  • Kelainan ini biasanya disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak sesuai untuk kaki Anda.
  • Pengobatan dapat dilakukan dengan mulai menggunakan sepatu yang lebih nyaman atau dapat pula melalui operasi apabila kondisi sudah cukup parah.
  • Kenali bagian kaki yang terasa sakit. Sebelum melakukan peregangan kaki, cobalah untuk mengenali bagian kaki mana yang terasa sakit. Apakah jari kaki, tumit, lengkungan telapak kaki (arches), tumpuan kaki bagian depan (ball of foot), atau bagian kaki lainnya? Apakah lebih sakit ketika berjalan atau ketika berdiri? Apakah rasa nyeri tersebut menyebabkan cara berjalan Anda berubah?
  • Ketahui apakah kaki Anda memiliki jenis duck toes atau pigeon toes. Banyak orang yang berjalan dengan kedua kaki sedikit melengkung keluar. Kaki jenis ini dikenal dengan sebutan duck toes. Namun, ada pula orang yang berjalan dengan kedua kaki sedikit menghadap ke dalam yang disebut dengan pigeon toes. Posisi ini memang tidak mengganggu gerak jalan, tapi hal ini tetap tidak baik bagi otot, tulang, dan urat pada kaki. Posisi kaki yang buruk dapat berdampak pada rasa nyeri pada telapak kaki, tumit, pinggul, dan punggung.

Tips Untuk Mengurangi Rasa Nyeri Pada Kaki

  1. Luruskan kaki. Berdirilah dengan kedua kaki Anda menghadap ke depan. Anda dapat menggunakan benda dengan tepian yang lurus, seperti karpet, dinding, atau matras yoga untuk memastikan bahwa kedua kaki Anda menghadap lurus ke depan dan jangan lupa untuk terus menyesuaikan posisi kaki 
  2. Berjalanlah tanpa alas kaki dengan posisi yang baik. Sisihkan waktu di rumah untuk berjalan tanpa mengenakan alas kaki.[6] Cara ini dapat meningkatkan ketangkasan kaki dan meregangkan otot-otot kaki.
  3. Lakukan straight leg stretch. Duduklah dengan kedua kaki Anda lurus dengan telapak kaki Anda menempel pada dinding. Letakkan bantal di bawah bokong Anda sebagai alas duduk.[7] Duduklah dengan posisi tegak. Tahan posisi tersebut selama 10 detik dan istirahat selama 10 detik. Ulangi peregangan tersebut sampai 3 kali. Peregangan ini sangat dianjurkan bagi Anda yang sering mengenakan sepatu hak tinggi.
  4. Lakukan V stretch. Berbaringlah dengan jarak beberapa sentimeter antara dinding dan bokong Anda. Luruskan kedua kaki Anda dan posisikan hingga membentuk huruf V pada dinding. Posisi ini akan meregangkan otot-otot pada paha bagian dalam dan lengkungan pada telapak kaki Anda. Berbaring dengan posisi kedua kaki lebih tinggi dari dada Anda juga dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan.
  5. Lakukan toe stretch. Dalam posisi berdiri, posisikan kaki kanan Anda ke depan dan jadikan kaki kanan Anda sebagai penopang berat tubuh. Tekukkan jari-jari kaki kiri Anda ke bawah sehingga bagian atas jari menyentuh lantai. Condongkan kaki tersebut sedikit ke depan hingga Anda merasakan peregangan pada bagian atas kaki Anda. Tahan selama 10 detik dan ulangi 2 hingga 3 kali pada masing-masing kaki.
  6. Gunakan kedua tangan Anda untuk meregangkan kaki. Dalam posisi duduk, letakkan kaki kanan Anda di atas paha kiri. Posisikan jari-jari tangan kiri di antara jari-jari kaki kanan. Posisi ini dapat meregangkan otot-otot pada jari kaki. Lakukan peregangan ini selama 1 hingga 5 menit, dan ulangi pada sisi kaki yang lainnya.
  7. Gunakan gel hangat. Pijat kaki yang sakit dengan gel hangat yang dapat membatu mencegah peradangan. Memijat kaki juga dapat meringankan ketegangan pada otot kaki.
  8. Lakukan metode RICE. Obati rasa nyeri pada kaki dengan RICE, yaitu Rest (istirahat), Ice (es), Compression (kompres), dan Elevation (pengangkatan). Istirahatkan kedua kaki Anda ketika rasa nyeri mulai terasa. Kompres bagian kaki Anda yang sakit dengan es batu yang dibungkus dalam handuk. Angkat kaki Anda ke posisi yang lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi peradangan.

Pencegahan

  • Periksa sepatu-sepatu yang Anda miliki. Sepatu hak tinggi dan sepatu yang tidak memiliki tumpuan untuk lengkungan telapak kaki dapat menjadi salah satu penyebab rasa nyeri pada kaki. Belilah beberapa pasang sepatu yang dirancang untuk memberi bantalan empuk pada kaki. Sepatu jenis ini juga dapat mengurangi rasa nyeri.
  • Pilih sepatu dengan hak rendah. Sepatu jenis ini memiliki hak yang lebih rendah dari tumpuan depan kaki (ball of foot) sehingga membantu mengurangi tekanan pada ball of foot. Sepatu ini juga dapat meregangkan otot betis dan mengurangi rasa nyeri pada kaki, terutama rasa nyeri pada kaki bagian depan.
  • Selalu meregangkan kaki Anda sebelum keluar rumah. Banyak orang yang lupa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Biasakan melakukan pemanasan atau peregangan untuk mengurangi rasa nyeri.

Penanagan Medis di Rumah skait

  1. Kunjungi dokter apabila rasa nyeri tidak membaik. Jika rasa nyeri Anda berlanjut setelah secara teratur mencoba melakukan peregangan dan pengobatan rumah lainnya, mungkin terdapat masalah lain pada kaki Anda yang perlu dikonsultasikan pada dokter. Dengan mengunjungi dokter, Anda akan tahu masalah apa yang sebenarnya terjadi pada kaki Anda.
  2. Lakukan operasi untuk menyingkirkan bunion. Jika bunion bertambah parah (menyebabkan rasa sakit terus-menerus, mengganggu mobilitas, atau menyebabkan kelainan pada bentuk kaki), Anda harus mengunjungi ahli medis untuk menyingkirkan bunion dari kaki Anda. Dokter dapat memotong bunion[8] atau membuat beberapa lubang pada tulang yang menonjol dan menyambungkannya dengan salah satu jenis kawat untuk memperbaiki pergerakan tulang.
  3. Operasi untuk radang sendi pada kaki. Jika rasa nyeri yang Anda rasakan merupakan akibat dari radang sendi, mungkin Anda akan membutuhkan fusion surgery (operasi fusi).[10] Operasi jenis ini akan mengangkat semua tulang rawan dari persendian dan menggunakan sekrup serta pelat untuk menggabungkan dua tulang agar kedua tulang tersebut tidak dapat bergerak. Operasi ini akan mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi dan meningkatkan mobilitas 
  4. Konsultasikan dengan dokter apabila Anda berprofesi sebagai atlet. Jika Anda mengalami kecelakaan ketika melakukan kegiatan atletik, Anda harus mengonsultasikannya dengan dokter. Mungkin saja kecelakaan tersebut menyebabkan tertariknya urat daging atau patah tulang sehingga perlu ditindaklanjuti dengan operasi.

Tips

  • Jika Anda menderita plantar fasciitis, Anda dapat mencoba mengurangi rasa nyeri dengan menggelindingkan bola golf di sekitar telapak kaki.
  • Segera lakukan pertolongan pertama jika kulit kaki Anda terluka. Luka pada kulit dapat dengan mudah terinfeksi apabila tidak ditangani dengan baik.
  • Jangan terlalu banyak berjalan.

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s