Penanganan Nyeri Telinga, Di Rumah dan Di Rumah Sakit

Penanganan Nyeri Telinga Di Rumah

  1. Gunakan panas. Panas dapat membantu meredakan nyeri, dan ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memberikan panas ke telinga. Hanya saja, berhati-hatilah, agar kulit Anda tidak terbakar.Nyalakan pengering rambut dalam suhu rendah, kemudian arahkan ke telinga dalam jarak sekitar 25 cm. Panas dari pengering rambut akan meredakan nyeri sekaligus mengeringkan air yang ada pada kanal telinga. [1]Basahi waslap dengan air hangat, peras, dan tempelkan pada telinga selama 20 menit. Anda juga boleh menggunakan kompres dingin. Cukup basahi waslap dengan air dingin kemudian peras.Gunakan bantal penghangat untuk meredakan nyeri telinga. Namun, pastikan untuk tidak menempelkan alat ini terlalu lama pada telinga. Hentikan penggunaan bantal penghangat setelah 3-5 menit. Dengan demikian, kulit Anda punya kesempatan untuk mendingin.
  2. Gunakan parasetamol, aspirin, atau ibuprofen. Obat pereda nyeri bebas ini memang tidak akan menghilangkan nyeri telinga, tetapi dapat meredakannya. Ikutilah petunjuk pemakaian obat yang tertera pada kemasannya.Kunjungilah dokter jika nyeri yang Anda alami cukup berat dan tidak membaik setelah satu atau dua kali minum obat. Jika Anda mengalami gejala lainnya juga (seperti demam atau pusing), segeralah kunjungi dokter.Jangan pernah berikan aspirin kepada anak-anak atau remaja karena berisiko menyebabkan sindrom Reye. 
  3. Gunakan minyak zaitun atau baby oil. Meskipun kedengarannya aneh, minyak zaitun atau baby oil dapat digunakan sebagai pengganti tetes telinga. Keduanya berefek sebagai pelumas dan dapat meredakan nyeri yang Anda alami. [3]Panaskan minyak hingga hangat tetapi tidak panas, dan tuangkan 3 atau 4 tetes ke dalam kanal telinga yang sakit. Biarkan minyak meresap selama sekitar setengah jam, kemudian berbaringlah ke arah sebaliknya sehingga minyak bisa keluar. Ingatlah bahwa minyak dengan suhu lebih atau kurang dari suhu tubuh dapat menyebabkan pusing atau vertigo meskipun hanya sementara. [4]Anda juga boleh menambahkan sedikit kayu manis ke dalam minyak jika ada.
  4. Manfaatkan bawang putih. Segala sesuatu yang mengandung bawang putih diyakini dapat membantu meredakan nyeri telinga. Jika Anda punya bawang putih (dalam bentuk apa saja), pertimbangkan untuk memanfaatkannya. Berikut ini adalah beberapa cara yang sudah dikenal luas:Hangatkan sedikit minyak wijen bersama satu siung bawang putih halus selama beberapa menit. Setelah kandungan bawang putih menyatu dengan minyak, biarkan mendingin hingga mencapai suhu ruang. Selanjutnya, pisahkan bawang putih dengan menyaringnya dari minyak, dan gunakan minyak pada telinga. Nyeri telinga pada sebagian orang membaik dengan uap bawang putih. Belah satu siung bawang putih menjadi dua bagian. Kemudian letakkan salah satu bagian pada telinga, sementara letakkan bagian lainnya pada secangkir air panas. Letakkan telinga Anda di atas cangkir sehingga uap air panas dapat masuk menembus bawang putih ke dalam telinga yang sakit. 
  5. Manfaatkan sisa bawang bombai di rumah. Satu lagi sayuran yang bisa Anda manfaatkan! Potong-potong bawang bombai, haluskan, dan bungkus dengan kain tipis yang bersih. Berbaringlah menyamping dan tempelkan bungkusan bawang bombai pada telinga Anda.Jika Anda hanya punya jahe di rumah, gunakan cara yang sama. Prinsipnya sama dengan penggunaan bawang bombai. 
  6. Coba gunakan basil dan pepermin. Untuk memanfaatkan bahan-bahan herbal ini, Anda harus mengekstrak kemudian mengencerkan sarinya dalam minyak zaitun atau baby oil. Cukup haluskan basil dan pepermin, kemudian berikan sedikit panas. Minyak pepermin sebaiknya hanya diberikan di sekitar telinga. Sementara itu, ekstrak basil boleh digunakan pada bagian dalam telinga.
  7. Kunyah permen karet dan menguaplah. Nyeri pada telinga mungkin disebabkan oleh perubahan ketinggian tempat Anda berada. Jadi, cobalah untuk mengunyah permen karet atau menguap. Sumbatan pada telinga akan segera terbuka sehingga membuat Anda merasa jauh lebih baik.Anda juga bisa mencoba menelan kuat-kuat. Dengan begitu, otot-otot yang mengaktifkan saluran eustachius akan terbuka sehingga mengurangi tekanan pada telinga.The American Academy of Otolaryngology menganjurkan cara ini untuk mengatasi efek samping perjalanan dengan pesawat: tutup mulut, hidung, dan telinga yang tidak sakit dengan jari. Kemudian, cobalah mengembuskan udara melalui hidung. Dengan demikian, telinga Anda akan terbuka. Namun, jangan gunakan cara ini jika nyeri telinga yang Anda alami disebabkan oleh sumbatan akibat infeksi saluran pernapasan atas karena justru dapat membuat infeksi meluas ke telinga.
  8. Gunakan aromaterapi. Encerkan minyak esensial (misalnya minyak lavendel) dalam sedikit minyak zaitun kemudian usapkan pada bagian luar telinga yang sakit hingga ke nodus limpa pada leher.Jika nyeri telinga yang Anda alami begitu berat, aromaterapi bukanlah pilihan yang bagus. Dokter akan memberikan obat yang bekerja lebih cepat daripada aromaterapi.

Penanganan Medis

  • Gunakan antibiotik. Kunjungilah dokter jika nyeri telinga Anda tidak kunjung membaik dengan sendirinya, atau jika disertai gejala lain, atau jika nyeri yang Anda alami begitu hebat. Dokter dapat memberikan resep antibiotik untuk Anda.Penisilin mungkin membutuhkan waktu beberapa hari hingga efeknya terasa. Tanyakan kepada dokter apakah Anda akan mengalami hal ini, dan apa obat yang bisa Anda gunakan untuk meredakan nyeri pada telinga.
  • Tentukan apakah penyebabnya adalah timbunan lendir. Batuk dan mengeluarkan ingus dapat mengiritiasi telinga bagian dalam hingga menimbulkan nyeri telinga. Jika Anda mengalami gejala flu lainnya, kemungkinan inilah penyebab nyeri telinga.Dokter mungkin akan menganjurkan penggunaan dekongestan atau obat semprot hidung. Produksi lendir akan berhenti sehingga nyeri telinga pun membaik. Meskipun begitu, Anda mungkin harus menggunakan obat tersebut bersama ibuprofen, paling tidak pada awalnya.
  • Cari tahu apakah penyebabnya adalah serumen telinga. Meskipun bermanfaat bagi tubuh, produksi serumen telinga berlebihan dapat menyebabkan nyeri. Jika serumen telingalah penyebabnya, dokter dapat membantu Anda mengatasinya.Dokter akan menganjurkan penggunaan obat tetes telinga atau alat pembersih serumen telinga untuk meredakan nyeri dan membersihkan timbunan serumen. [8] Dokter juga seharusnya akan memberitahukan cara mengontrol serumen telinga.Jika serumen telinga Anda mengeras dan menggumpal, dokter mungkin harus mengeluarkannya secara manual. Mungkin cara ini bukanlah pilihan pertama untuk Anda, tetapi akan membantu.

Peringatan

  • Jangan gunakan tetes telinga jika gendang telinga Anda rusak, terjadi infeksi pada telinga luar, ataupun ada cairan yang keluar dari dalam telinga (seperti nanah atau cairan lainnya). 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s