Wasadai Obat Anti Nyeri Yang Bisa Merusak Hati atau liver

wp-1504660753328.Waspadai Obat Anti Nyeri Yang Bisa Merusak Hati atau liver

Widodo Judarwanto, pediatrician

Obat khususnya obat anti nyeri merupakan penyebab penting inflamasi atau kerusakaan hati. Lebih dari 900 obat-obatan, toksin, dan herbal telah dilaporkan menyebabkan peradangan hati, dan obat-obatan mengakibatkan sekitar 20-40% dari semua kasus kegagalan hati fulminan. Sekitar 75% reaksi obat istimewa menyebabkan transplantasi hati atau kematian. Cedera hati yang disebabkan obat adalah alasan paling umum yang sering digunakan untuk menarik obat yang disetujui. Dokter harus waspada dalam mengidentifikasi peradangan hati terkait obat karena deteksi dini dapat menurunkan tingkat keparahan hepatotoksisitas jika obat dihentikan. Manifestasi hepatotoksisitas akibat obat sangat bervariasi, mulai dari peningkatan asimtomatik enzim hati hingga kegagalan hati fulminan. Pengetahuan tentang agen yang sering dilibatkan dan indeks kecurigaan yang tinggi sangat penting dalam diagnosis.

Di Amerika Serikat, sekitar 2000 kasus gagal hati akut terjadi setiap tahun dan obat-obatan menyebabkan lebih dari 50% dari mereka (39% disebabkan oleh asetaminofen, 13% adalah reaksi khusus karena obat lain). Obat-obatan mengakibatkan 2-5% kasus pasien yang dirawat di rumah sakit dengan penyakit kuning dan sekitar 10% dari semua kasus hepatitis akut. Secara internasional, data tentang kejadian reaksi obat hati yang merugikan pada populasi umum tetap tidak diketahui.

Obat-obatan ditarik dari pasar sekunder akibat hepatotoksisitas

  • Dalam beberapa tahun terakhir, Food and Drug Administration (FDA) AS telah menarik 2 obat dari pasaran karena menyebabkan luka hati parah: bromfenac dan troglitazone. Bromfenak (Duract), obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), yang telah diperkenalkan pada tahun 1997 sebagai analgesik jangka pendek untuk pasien ortopedi. Meski disetujui untuk masa pemberian dosis kurang dari 10 hari, pasien menggunakannya untuk waktu yang lebih lama. Hal ini mengakibatkan lebih dari 50 kasus luka hati parah, dan obat tersebut harus ditarik pada tahun 1998. Troglitazone (Rezulin) adalah thiazolidinedione dan disetujui pada tahun 1997 sebagai agen antidiabetes. Lebih dari 3 tahun, lebih dari 90 kasus hepatotoksisitas dilaporkan, yang mengakibatkan penarikan obat ini.
  • Kava kava, ramuan yang digunakan untuk kegelisahan, dilaporkan bersifat hepatotoksik dan ditarik dari pasar Jerman. FDA juga telah mengeluarkan peringatan di negara ini. Ini menunjukkan pentingnya surveilans postmarketing untuk mengidentifikasi reaksi yang tidak dilaporkan atau tidak dilaporkan dalam uji coba obat.

Obat Nyeri Yang Bisa Merusak Hati atau liver

Cedera hepatoseluler dapat disebabkan oleh obat-obatan yang jarang terjadi, jika pernah, menyebabkan luka hati parah (misalnya aspirin, tacrine, statin, heparin), dan juga obat-obatan yang menyebabkan luka tersebut terjadi.

Sebagian besar obat memiliki efek tanda tangan, yaitu pola luka hati, walaupun beberapa obat seperti rifampisin dapat menyebabkan semua jenis luka hati, termasuk cedera hepatoselular, kolestasis, atau bahkan hiperbilirubinemia terisolasi. Namun, pengetahuan tentang agen yang paling sering dilibatkan dan indeks kecurigaan yang tinggi sangat penting dalam diagnosis.

  1. Asetaminofen. Hepatotoksisitas dari asetaminofen adalah karena metabolit toksik NAPQI. Metabolit ini dihasilkan oleh sitokrom P-450-2E1. Alkohol dan obat lain menginduksi sitokrom P-450-2E1 dan dapat menyebabkan toksisitas yang meningkat. Pada orang dewasa, dosis 7.5-10 g menghasilkan nekrosis hati, namun dosisnya sulit untuk dinilai karena muntah dini dan riwayat yang tidak dapat diandalkan. Meskipun demikian, dosis serendah 4-8 g / d dapat menyebabkan cedera hati pada orang dengan alkoholisme dan orang-orang dengan penyakit hati yang mendasarinya. Untuk rincian tentang toksisitas asetaminofen, lihat Toksisitas, Asetaminofen.
  2. Diklofenak. Wanita lanjut usia lebih rentan terhadap cedera hati karena diklofenak. Ketinggian satu atau lebih hasil tes hati bisa terjadi. Kelainan laboratorium ini bisa berlanjut, mungkin tetap tidak berubah, atau mungkin sementara dengan terapi lanjutan. Peningkatan kadar transaminase atau peningkatan ketinggian batas terjadi pada kira-kira 15% pasien yang diobati dengan diklofenak. Dari enzim hati, ALT dianjurkan untuk memantau cedera hati. Berarti (> 3 kali batas atas rentang referensi) peningkatan ALT atau AST terjadi pada sekitar 2% pasien selama 2 bulan pertama pengobatan. Pada pasien yang mendapat terapi jangka panjang, kadar transaminase harus diukur secara berkala dalam 4-8 minggu setelah memulai pengobatan. Beberapa mungkin juga memiliki temuan ANA positif. Selain peningkatan kadar ALT dan AST, kasus nekrosis hati, ikterus, dan hepatitis fulminan dengan dan tanpa ikterus telah terjadi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s