Penelitian Terkini Menepis Mitos Nyeri Punggung Tidak Boleh Olahraga

image
Mitos yang mengatakan pasien dengan nyeri punggung bawah (lower back pain) harus menghindari olahraga karena takut merasa sakit atau nyeri ternyata yerbukti tidak benar. Ternyata penelitian terbaru mematahkan mitosn
tersebut.

Bruno Saragiotto dari George Institute for Global Health, Sydney Medical School, Australia, mengatakan olahraga, terutama olahraga yang menggunakan kemampuan motorik, membantu mengurangi rasa sakit akibat nyeri punggung bawah. Pilihan olahraganya tergantung kesepakatan terapis dan pasien. Yang jelas penelitian kami membuktikan olahraga membantu mengurangi rasa sakit akibat nyeri punggung bawah, bukan sebaliknya.

Olahraga yang menggunakan kemampuan motorik paling disarankan peneliti. Latihan keseimbangan, latihan fleksibilitas, dilanjutkan dengan menarik, mendorong dan memutar badan merupakan beberapa jenis olahraga yang bermanfaat bagi pasien nyeri punggung bawah. Latihan-latihan ini fokus kepada otot bagian dalam (deep trunk muscles) yang menyokong tulang belakang. Dengan melakukan latihan ini, maka pasien dapat mengembalikan kontrol dan koordinasi otot sehingga rasa sakit dan nyeri akan berkurang.

Penelitian ini dilakukan Bruno dengan melihat 29 studi tentang terapi nyeri punggung bawah. Total partisipan berjumlah 2.431 orang dengan rentang usia 22 hingga 55 tahun. Penelitian diterbitkan di jurnal Cochrane Library.

Manfaat olahraga tak hanya untuk mengembalikan atau memperkuat otot saja. Olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental pasien yang membuat mereka merasa tidak kalah dengan penyakitnya. Melakukan aktivitas membuat merasa aktif, sehingga mempunyai kontrol kepada kondisi fisik. Hal ini sangat bermanfaat positif bagi kondisi psikologis pasien apapun jenis olahraga yang dilakukan.

Sumber: reuters

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s