Perbedaan Nyeri Punggung Atas dan Nyeri Punggung Bawah

image

Sakit punggung berasal dari salah satu hal ini, yaitu punggung atas (bagian punggung yang tersambung dengan rusuk) atau punggung bawah.

Sakit punggung atas dapat dirasakan di bagian atas punggung serta pada bahu dan leher. Ini dapat disebabkan oleh cedera pada otot dan urat yang tertarik. Misalnya saat kecelakaan berkendara atau saat berolah raga. Otot-otot punggung bagian atas juga rentan terhadap nyeri otot, atau nyeri myofascial, karena aktifitas sehari-hari, atau karena kurangnya kekuatan.

Postur tubuh yang salah, kegemukan, otot perut yang lemah, dapat menyebabkan gangguan bagi keseimbangan tulang belakang, dan kemudian sebagai efeknya menyebabkan leher semakin membungkuk. Stres dan  suasana emosional juga dapat menyebabkan otot mengencang dan berkontraksi. Postur badan yang buruk secara khusus dapat mempengaruhi sakit di leher, punggung atas dan lengan secara kronis

Untuk menangani sakit pada punggung atas, cobalah mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti parasetamol. Seperti halnya dengan semua obat-obatan, penting untuk mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Bisa juga Anda berkonsultasi pada dokter dan ahli kesehatan syaraf badan tentang postur tubuh yang baik, terutama saat sedang bekerja. Tehnik olah raga dan relaksasi  juga dapat menghilangkan kembalinya ketegangan pada otot leher dan punggung atas.

Sebagai perbedaan, sakit punggung bawah dirasakan di bagian dasar punggung. Sakit ini dapat disebabkan oleh mengangkat barang yang terlalu berat, otot punggung bawah yang tertarik atau terlalu meregang, atau dari cedera langsung dan benturan. Kejadian tersebut dapat menyebabkan otot punggung bawah tegang atau keseleo, yang kemudian menimbulkan nyeri dan terkadang kejang otot. Berat badan berlebihan, merokok dan stress dapat berpengaruh pada sakit punggung bawah. 

Terkadang sakit punggung bawah dapat dihasilkan oleh kondisi tertentu, termasuk penyakit tulang, radang sendi, infeksi virus, dan tulang belakang yang abnormal. 

Untuk menangani sakit punggung bawah,  cobalah obat pereda nyeri yang dijual bebas atau kompres panas serta kompres dingin. Olahraga low-impact seperti berenang atau jalan dapat membantu mempercepat pemulihan dengan mengencangkan kembali otot-otot  perut

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s