Perbedaan Nyeri Punggung Akut dan Nyeri Punggung Kronis

image

Perbedaan Nyeri Punggung Akut dan Nyeri Punggung Kronis

Nyeri punggung (lumbal strain) adalah nyeri punggung yang terjadi secara  spontan dan memiliki derajat nyeri yang cukup tinggi sehingga bisa menimbulkan gangguan aktivitas dan postur tubuh.

Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) adalah pengalaman universal yang pernah dialami oleh hampir semua orang. Bagian punggung bawah, yang dimulai di bawah tulang rusuk, disebut daerah pinggang (Lumbar Region). Nyeri yang dialami pada bagian ini bisa sangat intens. Nyeri punggung bawah seringkali membaik dengan sendirinya. Bila tidak membaik, ada pengobatan yang efektif.

Penyebab

  • Penyebab adalah postur yang tidak ideal (terlalu gemuk/buncit), trauma yang terjadi di daerah punggung atau bokong dan gerak tubuh yang salah, kurang peregangan(senam).
  • Dalam keadaan lemah dan kaku, otot punggung mengalami spasme (kejang). Kondisi ini menyebabkan aliran darah yang mengangkut oksigen menjadi terhambat, sehingga otot kekurangan oksigen. Akibatnya, penderita mengalami nyeri yang semakin parah jika tidak segera ditangani dokter.
  • Postur tubuh yang buruk. Postur tubuh yang kurang tepat menyebabkan lengkung tulang belakang tidak berada dalam satu garis lurus sehingga mudah cedera dan menimbulkan kelainan premature pada diskus.
  • Diskus yang rapuh tidak lagi mampu menjadi bantalan vertebra.
  • Kelainan akibat postur tubuh yang buruk yaitu tulang belakang terlalu melengkung ke depan atau belakang.
  • Kurang Olahraga. 80 % kasus nyeri tulang punggung disebabkan karena buruknya kelenturan (tonus) otot atau kurang berolahraga.
  • Otot yang lemah, terutama pada daerah perut, tentu tidak mampu menyokong punggung secara maksimal.
  • Cedera dan ketegangan otot. Gerakan memutar, membungkuk atau mengangkat beban berat yang tidak dilakukan secara benar, akan mengakibatkan ketegangan pada otot atau cedera ligamen (jaringan elastis yang menjaga kestabilan tulang). Hal yang sama juga dapat terjadi akibat gerakan secara mendadak dalam berolahraga, misalnya ketika berganti arah.
  • Osteoarthritis. Proses penuaan menyebabkan diskus keluar (menonjol) dari tempat semestinya dan menghasilkan pertumbuhan tulangbaru seperti taji yang menimbulkan radang sendi disertai nyeri. Postur tubuh dan perawatan tulang belakang yang baik biasanya dapat meredakannya.
  • Obesitas. Berat badan yang berlebihan akan memberikan tekanan yang besar terhadap bantalan tulang belakang, postur tubuh pun berubah mengakibatkan syaraf tulang belakang menjadi kaku dan menimbulkan nyeri.

Jenis Nyeri

  • Nyeri akut. Nyeri ini biasanya berlangsung tidak lebih dari 6 bulan. Biasanya gejala mendadak dan penyebab serta lokasi nyeri sudah diketahui. Nyeri akut ditandai dengan peningkatan tegangan otot dan kecemasan yang keduanya meningkatkan persepsi nyeri.
  • Nyeri kronis. Nyeri ini biasanya berlangsung lebih dari 6 bulan. Sumber nyeri bias diketahui ataupun tidak. Nyeri cenderung hilang dan timbul dan biasanya tidak dapat disembuhkan. Penginderaan nyeri menjadi lebih dalam sehingga penderita sulit untuk menunjukkan lokasinya. Dampak dari nyeri kronis antara lain penderita mudah teringgung dan sering mengalami insomnia, akibatnya mereka kurang perhatian, sering merasa putus asa, dan terisolir dari kerabat dan keluarga. Nyeri kronis biasanya hilang timbul pada periode waktu tertentu. Ada kalanya penderita terbebas dari rasa nyeri.

Nyeri punggung dapat dikategorikan sebagai keadaan akut atau kronis, tergantung berapa lama sakit berlangsung.

image

Perbedaan Nyeri Punggung Akut dan Nyeri Punggung Kronis

  • Nyeri punggung akut adalah sakit yang berlangsung jangka pendek, biasanya bertahan beberapa hari hingga beberapa minggu. Kebanyakan sakit yang akut disebabkan oleh benturan pada punggung atau kondisi seperti radang sendi. Gejala penyakit akut berkisar pada keadaan nyeri yang menusuk, hingga nyeri otot ringan, kurangnya kelenturan dan kemampuan gerak, serta ketidakmampuan berdiri tegak.
  • Nyeri Punggung Kronis. Jika sakit punggung bertahan hingga 3 bulan atau lebih, baru dikategorikan sebagai nyeri punggung kronis. Kebanyakan nyeri punggung kronis adalah keadaan yang terus berkembang. Semakin lama, sakit bisa makin memburuk. Penyebab penyakit kronis sulit ditentukan dan biasanya membutuhkan perawatan dari medis profesional.

image
Pencegahan

  • Tindakan pencegahan termasuk menjaga postur yang baik, menjaga berat badan berimbang, dan melakukan kombinasi olah raga yang membangun kekuatan.
  • Mengadopsi gaya ergonomik juga dapat membantu mengurangi resiko cedera punggung. Ergonomik adalah gaya merancang furnitur dan peralatan yang mencegah cedera badan di kantor dan di rumah.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s