10 Penyebab Sakit Kepala Paling Berbahaya

image
10 Penyebab Sakit Kepala Yang Paling Berbahaya

1. Demam Berdarah. penyakit demam berdarah pada kelompok orang tertentu bisa menimbulkan sakit kepala yang hebat disertai demam. Demam berdarah atau demam dengue (disingkat DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Nyamuk atau beberapa jenis nyamuk menularkan (atau menyebarkan) virus dengue. Demam dengue juga disebut sebagai “breakbone fever” atau “bonebreak fever” (demam sendi), karena demam tersebut dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri kepalandan nyeri tulang hebat seakan-akan tulang mereka patah. Sejumlah gejaladari demam dengue adalah demam; sakit kepala; kulit kemerahan yang tampak seperti campak dan nyeri otot dan persendian. Pada sejumlah pasien, demam dengue dapat berubah menjadi satu dari dua bentuk yang mengancam jiwa. Yang pertama adalah demam berdarah, yang menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah (saluran yang mengalirkan darah), dan rendahnya tingkat trombosit darah (yang menyebabkan darah membeku). Yang kedua adalah sindrom renjat dengue, yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya.

2. Meningitis atau infeksi selaput otak. Meningitis salah satunya dapat menimbulkan gejala sakit kepal yang hebat. sumsum tulang belakang, yang secara kesatuan disebut meningen. Radang dapat disebabkan oleh infeksi oleh virus, bakteri, atau juga mikroorganisme lain, dan walaupun jarang dapat disebabkan oleh obat tertentu. Meningitis dapat menyebabkan kematian karena radang yang terjadi di otak dan sumsum tulang belakang; sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai kedaruratan medis. Gejala umum dari meningitis adalah sakit kepala dan leher kaku disertai oleh demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya (fotofobia) atau suara keras (fonofobia). Anak-anak biasanya hanya menunjukkan gejala nonspesifik, seperti lekas marah dan mengantuk. Adanya ruam merah dapat memberikan petunjuk penyebab dari meningitis; contohnya, meningitis yang disebabkan oleh bakteri meningokokus dapat ditunjukkan oleh adanya ruam merah.

3. Stroke. Sakit kepala datang secara tiba-tiba, seringkali diikuti dengan rasa sakit di belakang salah satu mata. Jika mengalami kejadian ini, disarankan berkonsultasi ke dokter sesegera mungkin, paling lama 3 jam setelah serangan. Tidak mudah memang menjelaskan gejala stroke secara umum, tapi biasanya sakit akan disertai satu atau beberapa bagian tubuh yang tiba-tiba sulit digerakkan.

4. Infeksi Bakteri. Sakit kepala hebat secara mendadak juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri seperti meningitis. Selain sakit, pasien juga merasakan lehernya kaku, mual, muntah dan lesu. Segera datang ke ruang gawat darurat agar segera diberi penanganan dokter.

5. Glaukoma. Glaukoma adalah salah satu jenis penyakit mata, yang secara berangsur-angsur menyebabkan pandangan mata semakin berkurang hingga akhirnya buta jika tidak mendapatkan pengobatan dengan segera. Salah satu gejalanya adalah sakit kepala tiba-tiba yang terasa ‘tajam’. Sakit kepala juga kerap diikuti dengan pandangan yang agak kabur.

6. Sakit Kepala Cluster. Biasanya lebih banyak menyerang pria daripada wanita. Sakit kepala cluster kerap terjadi di malam menjelang pagi dan biasanya dipicu oleh stres. Ditandai dengan rasa sakit yang sangat parah di satu sisi kepala, bisa berlangsung satu menit atau dua jam sekali. Segera cari bantuan medis jika mengalami sakit yang mengganggu ini.

7. Trauma. Sakit kepala bisa disebabkan karena trauma pada tubuh akibat benturan keras. Umumnya kerap dialami seseorang yang pernah mengalami keretakan atau patah tulang. Sakit kepala kerap diikuti dengan hilangnya kesadaran. Jika mengalami ini, pasien harus segera diberi penanganan medis.

9. Trigeminal Neuralgia. Disebut juga peradangan pada syaraf. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis untuk perawatan yang lebih terfokus.

9. Temporal Arteritis. Suatu peradangan pada arteri besar yang berhubungan dengan arteri dari otot, mata dan jaringan. Pada umumnya lebih banyak terjadi pada wanita. Ditandai dengan sakit yang berdenyut dan hebat di salah satu sisi kepala. Rasa sakitnya semakin bertambah apabila disentuh.

10. Keracunan. Keracunan karbon monoksida bisa menyebabkan rasa sakit yang menusuk pada kepala. Apabila serangan ini terjadi, segera bawa penderita ke tempat terbuka dan berventilasi bagus. Segera bawa ke rumah sakit dan biasanya akan diberikan suplai oksigen sebagai pertolongan pertama.

wp-1516242280087..jpg

wp-1466136855902.jpg

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s