11 Tips dan Cara Terbaik Kurangi Nyeri Punggung dan Pinggang

image

11 Cara dan Tips Kurangi Nyeri Punggung

  1. Kompres dingin. Kompres dingin dapat dicoba ketika sakit punggung pertama kali muncul. Ketika otot punggung sakit, nyeri biasanya disebabkan oleh jaringan yang meradang. Kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan. Begitu merasa sakit, mengompres dingin beberapa kali sehari, selama 10 menit selama sekitar 3 hari dapat meredakan sakit punggung. Kompres panas dapat membantu setelah 3 hari. Namun, menggunakan kompres panas terlalu cepat dapat memperburuk peradangan. Mengompres panas beberapa kali sehari, selama 15 menit selama 3 hari dpat meredakan sakit punggung.
  2. Obat pereda nyeri yang tersedia di pasaran. Ketika kompres dingin atau panas tidak cukup, maka dapat mencoba mengonsumsi obat pereda nyeri yang tersedia di pasaran. Kedua jenis obat anti inflamasi (NSAID), seperti Advil dan acetaminophen (Tylenol) dapat menghambat jalur kimia dalam tubuh yang dapat menghasilkan rasa sakit. Sebaiknya mengonsumsi obat-obat NSAID bersama dengan makanan, karena obat tersebut dapat menyebabkan mual.
  3. Krim topikal. Krim topikal dapat digunakan ketika ingin mencari alternatif dari pil. Ketika dioleskan pada kulit, krim tersebut dapat menyebabkan ujung saraf untuk merasa baik panas atau dingin, sehingga menumpulkan rasa sakit. Beberapa krim topikal dapat mengiritasi kulit atau menyebabkan kemerahan. Cuci tangan setelah mengoleskan krim tersebut, dan jangan sampai krim tersebut mengenai daerah mata.
  4. Latihan fisik ringan. Ketika punggung terasa agak kaku, sebaiknya melakukan latihan fisik ringan. Kegiatan seperti berjalan, bersepeda, dan olahraga air dapat memperbaiki hampir semua otot yang berhubungan dengan masalah dalam tubuh. Olahraga juga dapat merangsang endorfin, sehingga seseorang dapat merasa lebih baik. Hal tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit. Untuk mencegah kekakuan paling efektif adalah dengan melakukan latihan fisik ringan selama 30 menit selama 3 kali seminggu. Hasil sebuah studi menunjukkan bahwa, orang yang mengangkat beban selama 4 kali seminggu dapat mengalami penurunan sebanyak 42 persen pada nyeri punggung.
  5. Kasur baru. Ketika terbangun dengan sakit punggung, mungkin dapat merupakan tanda bahwa harus mengganti dengan kasur yang baru. Setelah 8 atau 9 tahun, kasur dapat mulai memberikan dukungan kurang, sehingga biasanya dapat menyebabkan nyeri punggung. Orang yang menderita sakit punggung secara konstan, kondisinya sering membaik ketika telah mengganti dengan kasur yang baru. Berlawanan dengan kepercayaan populer, bahwa kasur yang lebih kaku tidak selalu lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kasur dengan kekakuan sedang adalah yang terbaik. Waspadalah terhadap kasur yang diiklankan sebagai rekomendasi dari ahli ortopedi atau dokter, karena hal tersebut belum tentu benar.
  6. Perawatan chiropractic. Perawatan chiropractic dapat dicoba ketika upaya lain untuk meredakan sakit punggung tidak bekerja. Seorang praktisi kesehatan profesional dapat memberikan bantuan dari otot-otot yang mengalami peradangan kronis. Tulang belakang yang sejajar dapat menyebabkan ketegangan otot. Terapi fisik dan terapi chiropractic dapat meningkatkan keselarasan tulang belakang. Perawatan tersebut dapat memanipulasi tulang belakang untuk meredakan ketegangan daerah pada otot. Meaki dilakukan dokter atau juga bisa dilakukan tenaga non medis, terapi chiropractic bukanlah penanganan medis dan bukan berlatar belakang medis.
  7. Hindari posisi dan aktivitas yang memicu nyeri punggung, berhentilah beraktivitas jika mendadak kambuh karena jika dilanjutkan pasti akan memburuk. Jika perlu, gunakan obat pereda nyeri atau gunakan pendingin khusus (ice pack) untuk meredakannya.
  8. Ketika nyerinya sudah mereda,lakukan peregangan sederhana untuk perut, punggung dan kaki. Latihan peredangan jika dilakukan dengan benar tidak hanya akan menuntaskan rasa nyeri tetapi juga mencegah cedera yang lebih parah pada otot punggung.
  9. Setelah benar-benar sembuh dari nyeri, perlahan-lahan tingkatkan intensitas latihan. Makin aktif makin bagis, karena jika otot-otot itu didiamkan maka akan kehilangan kelenturan, kekuatan dan ketahanan sehingga mudah kumat ketika berhadapan dengan pemicunya.
  10. Perhatikan posisi tidur, hindari tidur tengkurap karena jika titik berat perut turun ke bawah maka akan menarik dan membebani punggung. Begitu juga saat tidur telentang, punggung akan menahan beban lebih besar. Posisi yang paling bagus untuk mencegah nyeri punggung bagian bawah adalah miring, dengan salah satu kaki ditekuk.
  11. Postur tubuh saat duduk maupun berdiri juga perlu diperhatikan untuk menghidari penumpukan beban di satu titik, yang akhirnya akan membebani punggung. Jangan membungkuk saat dudu maupun berdiri, karena berat badan tidak terdistribusi dengan baik.

Tidak membaik harus dicari penyebab lainnya.

  • Setelah melakukan perawatan tersebut, seharusnya kondisi sakit punggung dapat mereda dalam waktu 6 minggu.
  • Jika tidak, mungkin perlu dilakukan MRI, yang dapat menentukan apakah nyeri berasal dari sesuatu yang lebih serius, seperti herniated disk

Sumber: FoxNewsHealth

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s